Attending EKSIS ABIS Concert at Tenis Indoor Senayan

Written on 03.01 by Baskoro Riswiandanu

14 Mei 2011. Berbekal sms dari mbak Pingkan (orang LO PT Unilever) kalo jam 11 gue harus udah di Hotel Ibis Tamarin Jakarta, gue dari rumah dianter nyokap kesana. Gak usah dianter sih padahal gue tau aja jalannya abis dijelasin, tapi gue gak mau nolak niat baik nyokap. Sampe di lobby hotel ada beberapa pemenang yang udah dateng. Kira-kira ada sebelas pemenang. Disitu kenalan-kenalan dan ternyata ada yang dari Samarinda, Jogja, Semarang, Lampung, dari Bekasi juga beberapa, yang dari Jakarta gak dikasih akomodasi penginapan. Setelah nunggu beberapa lama, jam setengah tiga siang gue baru dapet kamar dan sekamar sama Taufan, dia sekolah kelas 2 sma di Jakarta tapi rumahnya di bekasi. Jam 4 kita dianter mobil ke Istora Senayan. Di pinggir jalan banyak abang-abang calo jualin tiket. Dalem hati, “sori ya bang gue gak beli tiket mahal lo, gue dapet gratisss”. Di bagian depan Tendoor ada booth rexona gede sama ada hall of fame buat foto-foto gitu, tapi mesti bawa rexona. Disitu gue juga baru tau kalo bisnis Javamusikindo itu bisnis keluarga kayanya, soalnya ada anak-anaknya Adrie Subono terjun langsung jadi panitia. Setelah ngantri pengecekan tiket akhirnya masuk ke Tenis Indoor. Pas masuk belum terlalu rame, gue dapet festival tempatnya di tengah depan stage first row bareng-bareng sama pemenang lainnya. Oia ternyata disitu ketemu temn LIA gue Ray, trus kita sama-sama kaget dan dia iri pas gue bilang gue dapet tiket gratis. Dan gue keinget waktu pas LIA beberapa bulan lau sebelum lulus dia emang udah bilang mau nonton konser ini, dan waktu itu gue cuma oh oh aja. Anyway, Pas itu AC di situ masih kerasa dinginnya. Sejam dua jam mulai tuh bagian festival penuh dan AC mulai gak bisa dirasain. Selama lagi nunggu mulai kita berdiri. Di pinggir stage sesekali keliatan sekelebatan drummernya Hey Monday, penonton pada teriak-teriak lambain tangan heboh. Tiba-tiba dari tempat yang sama keluar orang Indo sih mas-mas gitu ngecek mic, penonton yang tadinya heboh kirain udah mau mulai langsung pada nyorakin tuh mas-mas gondrong. Di situ ada 2 layar lebar buat ngebantu bagian tribune nonton, selagi nunggu mulai di situ ditampilin iklan Rexona sama Peter Says Denim yang emang jadi sponsornya dan terus diulang-ulang sampe gue hafal kali tuh iklannya. Beberapa menit sebelum jam tujuh penonton pada teriak-teriak “ TDF! TDF! TDF!.” Gue pun ikutan teriak trus tiba-tiba semua langsung diem dan berubah jadi teriakan seheboh-hebohnya pas lightning di stage nyala keren, satu persatu personel The Downtown Fiction keluar dari backstage. Si vokalis Cameron Leahy langsung nyapa “Hello Jekardaaaah!”. Mereka mulai mainin lagu pertama, di situ penonton udah mulai rusuh dorong-dorongan parah dah. Cewek-cewek yang tadinya berpakaian rapih, rambut terurai bak iklan sampo, di situ berubah jadi setan grandong gak jelas deh. FYI, saat itu gue gak tau sama sekali lagu-lagunya TDF, Hey Monday, apalagi ARTTM yang kayanya paling ditunggu dan paling banyak fansnya. Sebelum konser mulai gue sempet nguping obrolan penonton cewek di sebelah gue dia bilang “Eh gue suka sebel deh sama orang yang nonton konser tapi dia gak tau sama sekali lagunya, ngapain sih dia ke konser mending tiketnya kasih ke orang yang bener-bener ngefans tapi gak mampu beli tiket.” Saat itu juga gue mau keluar dari Tendoor tapi penonton udah rame dan susah keluar. Piiiik. Lagu pertama TDF selesai, penonton udah mulai bermandikan keringet. Abis lagu ke berapa gitu vokalisnya si Cameron ngomong ‘Cenat-Cenut’ sama ‘unyu’ udah dah semua penonton langsung tepuk tangan. Terus si drummer pamerin tato baru yang baru dibikin di hotel pas nyampe, gambar kura-kura gitu. Pas lagu ke berapa si vokalis juga nyanyi sendiri pake gitar, oke banget dia pake kemeja garis-garis, jas putih sama celana merah, nuansa 17an kayanya. Performance TDF diakhiri lagu I Just Wanna Run. Bagus juga sih lagu-lagunya. Abis TDF manggung ada beberapa penonton cewek yang diangkat keluar arena festival dari depan, pas TDF masih manggung juga ada beberapa cewek yang pengen keluar gitu jadi heboh gitu ada yang mau pingsan ada yang mau pingsan tapi si Cameron masih nyanyi aja. Ternyata Hey Monday gak langsung tampil jadi penonton mesti nunggu dulu crew nyiapin peralatan mereka. Pas lagi nungggu panitia ngelempar-lemparin aqua gelas gitu dan keseringan yang bagian depan yang dapet, nasib emang gue cuma dapet setetes kali, itu juga dari segerombol anak smp kayanya yang masih unyu-unyu dan baik hati. Trus Hey Monday masuk nyanyiin 13 lagu dibuka sama lagu I Don't Want To Dance. Seru juga lagu-lagunya dan suasana gak terlalu memanas, mungkin karena vokalisnya cewek dan lebih atraktif. Cantik juga euy, namanya Cassade Pope. Dia pake tanktop item dibalut leather jacket warna item trus mini skirt warna putih, sepatunya gak tau dah kaga keliatan. Pas bagian dia nyanyi solo dia ngelepas jacketnya, beeuh seger bener dah. Dia nyanyiin lagu pengalaman waktu dia umur 15 tahun, judulnya Six Month dalem lagunya. Jeda waktu dari Hey Monday ke A Rocket To The Moon lumayan lama. Crewnya padahal udah termasuk gesit sih waktu beres-beresin peralatan musiknya, crewnya orang Amrik. Pas itu posisi gue udah ada di paling belakang first row dan udah nyender di pager pembatas antara first row dan second row, dan gue gak tau kenapa itu bisa terjadi. Dan orang di sekeliling gue udah pada beda, antara orang sama orang udah gak ada batasan alias dempet alias kaya kembar siam, di situ gue ngakak sendirian dan Cuma bisa istigfar karna gue udah nempel nempel sama cewek bukan mukhrim haha. Yang gue bingung disitu ada cowok sama cewek pacaran, si cowok sambil meluk leher ceweknya, gue pikir di saat suasana sepanas itu masih sempet-sempetnya kaya gitu. Itu ungkapan cinta apa diem-diem pengen bunuh ceweknya di tengah oksigen yang udah menipis. Well, jam setengah sepuluh ARTTM pun masuk dan beraksi. Nick sama siapa gitu satu lagi pake kemeja motif batik yang katanya dari fans dan si drummer pake kaos putih gambar barong Bali. Sepanjang mereka tampil 13 lagu gak sedetik pun itu penonton nyanyi bareng yang bikin gue ngerasa malu abis dan sok-sok ikut nyanyiin nadanya hahaha. Terus si Justin pas kita eh maksudnya pas penonton nyanyi bareng dia ngerekam pake iPhone dan pengen dikirimin ke ibunya yang lagi ulang tahun katanya. Gak kerasa udah setengah sebelas dan udah gak tau keberapa kalinya Nick Santino sang vokalis gonta-ganti gitar, ya mungkin nyesuain sama lagunya yang akustik dan elektrik. Lagu terakhir Baby Blues Eyes. Selesai lagu terakhir mulailah aksi lempar-lemparan pick, stick drum, aer minum mereka. Dan beruntungnya Nick ngelempar pick gitar ke arah gue, tapi langsung jatoh ke bawah udah ada beberapa orang yang nyadar dah lagsung gue injek, pas mereka lengah langsung gue ambil, berbakat abis jadi klepto. Konser pun selesai, pas lagi jalan keluar gue ngeliat ke arah bawah dan ada pick gitar yang sama kaya gue dapet entah itu punya personel ARTTM yang mana, langsung gue kasih ke pemenang Rexona juga yang dari Samarinda, abis kayanya dia ngefans banget dari ceritanya gitu pas sebelum konser mulai. Selesai nonton konser gue ketemu Andrea yang padahal sebelumnya udah smsan mau bareng tapi ternyata gue harus nginep dan gak boleh enggak. Selesai foto bareng pemenang lainnya, kita dijemput lagi pake mobil balik ke hotel, sampe hotel ganti baju dan tadinya niatnya pengen makan ke sevel di sebelah hotel. Bareng Taufan ngajak kak dini, dia anak kuliahan di Bandung yang kebetulan kamarnya satu lantai, tapi ternyata dia gak mau udah kecapekan katanya, ia juga sih pas ARTTM lagu terakhir, dia gue liat berusaha keluar gitu dari arena festival mau pingsan. Yaudah gue cuma berdua doang, eh pas mau naik lift ada Mbak Pingkan LO rexona di lift dan nanya mau kemana, pas tau kita mau kemana dia bilang ntar aja bareng-bareng gitu. Yaudah deh balik ke kamar, sambil nunggu di kamar, Taufan udah tidur duluan, wah yaudah deh gue sms mbak pingkan gak jadi makan dan gue tidur. Rasa laper emang bener-bener bisa dikalahin sama rasa capek berdiri 7 jam, dempet-dempetan, loncat-loncatan, nyanyi bareng eh maksudnya dengerin penonton lain nyanyi bareng dan teriak-teriak. Abis sarapan gue check out dan pamitan sama mbak pingkan dan LO lainnya, sebelum pulang masih dikasih duit akomodasi lagi, wihihihi asik banget deh emang. Dari hotel gue bareng sama Taufan, dia mau balik ke Bekasi juga. Naik Bajaj sampe Sarinah, dari Sarinah naik Busway. Waktu itu pas car free day, seru juga suasananya. Dengan sotoynya liat peta dan yakin kalo busway itu bakal berenti di Semanggi dan ternyata tidak. Akhirnya kita turun di POLDA METRO trus naik busway ke arah balik lagi, turun di Benhil, jalan kaki sampe depan Plaza Semanggi nunggu bis yang ke Bekasi. Pas itu gue yang liat ada AC 05 Bekasi, tanpa mikir panjang gue sama Taufan langsung naek aja, gue sempet mikir dih kok tumben sepi, yaiyalah kan hari minggu kali. Di bis ada pengamen dan sumpah suaranya jelek banget, padahal kan gue lagi mencoba inget-inget lagu-lagu TDF, Hey Monday, ARTTM semalemnya. Dan yang bikin gue mikir lagi, kok tumben ya suaranya pengamennya jelek, bisanya kan nih suaranya bagus. Oke gue lanjut twitteran dan tiba saat si Taufan mukanya kebingungan, dan benar saja di tol itu ada plang Tol Bekasi Barat tapi malah dilewatin dan itu bis malah lewat di plang Tol Timur dan ternyata oh ternyata itu 05 ke tol timur dan di depan bis ada tulisan tol timur, tapi kenapa gue gak liat sama sekali, akhirnya dari tol timur naik lagi angkot ke tol barat dan di situ gue pisahan sama si Taufan dia ke Pondok Gede rumahnya. Semua pengalaman di atas gak akan pernah gue lupain seumur hidup, pertama kali nonton konser band luar dan pertama kali nyasar ke tol timur dan gue semakin penasaran kira-kira keberuntungan apalagi yang bakal gue dapetin. Alhamdulillah, Thanks God!



(kiri ke kanan, Taufan, ka Dini, mas dari semarang)

The Downtown Fiction

Hey Monday

A Rocket To The Moon



Gue sama Andrea










If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar